Wasit AIBA Bintang Satu Internasional Apresiasi Bupati Hermus Indou, Bangkitkan Olahraga Tinju Di Manokwari

Oleh Redaksi

27 September 2022 16:12 2951 VIew

''Alfred Kayoi, Wasit Bintang Satu Internasional AIBA ''

Manokwari -- Alfred Kayoi,  Wasit Bintang Satu Internasional AIBA (Association Internatonale de boxe Amateur) memberikan apresiasi kepada Bupati Manokwari Hermus Indou yang telah menghidupkan kembali semarak Tinju di Kabupaten Manokwari.

Dia mengungkap Kabupaten Manokwari dikenal memiliki sejumlah atlet Tinju yang telah mengharumkan Tanah Papua (Irian Jaya) di Kanca Nasional namun sekitar 20 tahun belakang Manokwari tertidur dari prestasi Tinju.

Alfred mengatakan Kabupaten Manokwari telah melahirkan begitu banyak legenda Tinju khusus untuk Irian Jaya. Mereka bukan saja mewakili Irian Jaya tetapi mereka juga mewakili Indonesia untuk bermain di tingkat Manca Negara. Sesudah era itu, olahraga Tinju di Manokwari mati suri.

"Saya apresiasi kepada Bupati Manokwari yang telah membangkitkan salah satu olahraga bergengsi di Tanah Papua. Ini terobosan dan prestasi yang luar biasa, kita dukung dan apresiasi,"kata   wasit AIBA Bintang Satu Internasional ini.

Kayoi mengharapkan melalui Kajuaraan Tinju Amatir ini bisa membangkitkan kembali kader muda yang mewarisi legendaris Tinju asal Manokwari seperti Lodwiek Akwan, Adolof Bonsafia, Vallen, Yos Baransano, dan kawan - kawan

 

"Dengan kejujuran ini mudah - mudahan kita bisa bangkitkan kembali semarak Tinju di kabupaten Manokwari. Dengan mengorbitkan kader - kader muda untuk menggantikan sang legendaris Tinju,"kata Kayoi.

Lebih lanjut Mantan Pengurus Pertina pusat ini mengakui banyak kekurangan yang harus dibenahi ke depan, baik teknikal penyelenggaraan, evaluasi pelayanan sehingga pelaksanaan Kejuaraan Tinju sesuai standar.

"Sebenarnya kalau kita bicara aturan AIBA yang turunnya hingga digunakan oleh Pertina, maka Kejuaraan ini belum memenuhi standar. Namun semangat ini perlu kita dukung dan sambil benahi ke depan. Kita persiapkan atlet - atlet mudah ini ikut PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh pada 2024 dan 2028 di NTB dan NTT,"harap Wasit Tinju lisensi internasional ini.

Dia memaparkan kejuaraan serba kekurangan, wasit dan hakim berlisensi nasional termasuk pelatih.

"Memang serba kekurangan, tenaga wasit. Hanya dua 2 Wasit yang lisensi Nasional dan 1 hakim standar nasional sementara yang lainnya masih lisensi daerah. Kami sudah antisipasi dan saya selalu berdiri di samping Ring untuk beri arahan, bimbingan agar berjalan sesuai dengan aturan,"tandasnya.

Bupati Manokwari, Hermus Indouw melalui Pengurus Kabupaten (Pengcab) Pertina Kabupaten Manokwari menggelar Kejuaraan Tinju Bupati Cup dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Tahun 2022.

Kejuaraan ini diikuti oleh 13 Sasana Tinju di Manokwari yang menampilkan 133 Atlet Tinju Amatir, dengan dua kategori Youth dan Elit. Direncakan kegiatan berlangsung dari 23 - 29 September 2022. Hingga saat ini, 27 September 2022 masing - masing partai memasuki tahapan semi final.


Berita Terkait