Suku Besar Moi Dukung Keputusan Pemerintah Terkait PJ Bupati Kabupaten Sorong, Tapi Sekda Harus Orang Moi

Oleh Redaksi

19 August 2022 15:09 476 VIew

''Klois Yable, Tokoh Masyarakat Adat Suku Moi di Kabupaten Sorong Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Masyarakat Adat Suku MOI di Kabupaten Sorong Papua Barat diminta mendukung keputusan Pemerintah terkait Penetapan Penjabat Bupati Sorong.

Hal itu diutarakan oleh tokoh masyarakat MOI, Klois Yable,  melalui realis yang diterima media ini, Jumat (19/8/2022). Yable mengungkap dari 3 nama yang diusulkan kepada Mendagri melalui Pemprov merupakan anak - anak terbaik Papua yang telah memenuhi syarat dan kualifikasi untuk duduk sebagai Penjabat Bupati Sorong.

"Selaku tokoh masyarakat adat Suku Moi Sorong, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mendukung program dan  keputusan pemerintah termasuk menjelang akhir massa jabatan bupati dan wakil bupati kabupaten sorong periode 2017-2022 yang akan berakhir tanggal 22 Agustus 2022. Siapapun yang akan ditetapkan oleh Mendagri sebagai Karateker Bupati Kabupaten Sorong tahun 2022 atas usulan pemerintah kabupaten melalui PJ Gubernur Papua Barat adalah yang terbaik,"kata Klois Yable .

Klois menilai  3 nama yang diusulkan kepada Mendagri  merupakan anak - anak terbaik Papua yang akan menjalankan roda pemerintahan sesuai amanat undang -undang, dan menciptakan situasi kamtibmas tetap aman serta menjaga stabilitas politik dan pemerintahan menuju pemilu 2024 mendatang.

Yable menyebut masyarakat mendukung semua keputusan dan program pemerintah dalam membangun daerah Kabupaten Sorong yang lebih maju.  "Siapapun PJ Bupati yang terpilih dari 3 nama yang diusulkan tetap kami dukung, dengan catatan tolong memperhatikan anak - anak asli MOI untuk di promosikan sebagai Sekda Kabupaten Sorong.

"Sebagai bentuk penghargaan, kami harap anak - anak Asli MOI harus dipromosikan sebagai sekda Kabupaten Sorong, dan diusulkan kepada DPRD Kabupaten Sorong dalam Sidang Paripurna DPRD tahun 2022,"ujarnya.

Namun lanjut dia, jika aspirasi tersebut tidak diindahkan, anak - anak Moi pastikan Penjabat  Bupati Sorong  tidak akan bekerja dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Sorong. Pasalnya PJ yang diusulkan  bukan berasal dari Suku Moi tapi berasal dari Kabupaten Maybrat,"

"Kami juga minta Pemerintah daerah harus perhatikan Pengusaha Asli Papua terutama Pengusaha Moi untuk menjawab proposal yang telah diajukan agar kiranya diberikan paket pekerjaan proyek,"harapnya.

lebih lanjut, Yable menerangkan dalam menjaga situasi daerah yang aman dan kondusif, Solidaritas masyarakat Adat Suku Moi akan beraudiens dengan aparat kepolisian guna bersama- sama menjaga daerah tetap aman dan kondusif.

Selaku tokoh masyarakat adat Moi sorong, saya mengajak masyarakat Kabupaten Sorong terutama bagi masyarakat adat suku moi agar membantu pemerintah dan aparat dalam menciptakan stabilitas keamanan di tengah iklim politik menjelang Pemilu Serentak 2024,"ujarnya.

Dalam waktu dekat akan dilakukan audiens antara kelompok masyarakat solidaritas Suku Moi Sorong dengan Kapolres Sorong untuk mencari solusi dalam menanggapi aspirasi masyarakat.

Kami harap masyarakat adat suku Moi sorong mendukung dan mengawal penjabat Bupati yang ditetapkan oleh Mendagri sampai dilantik oleh Gubernur, serta tetap bangun komunikasi dengan Kepolisian dan Pemerintah untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Sorong.


Berita Terkait