Dinas Pemuda dan Olahraga Gelar Pameran Tanaman Hias Dan Produk Pemuda Kreatif, Arang Briket Laris Terjual

Oleh Redaksi

18 August 2022 17:09 309 VIew

''Foto kegiatan Pameran Tanaman Hias dan Hasil Produk pemuda Kreatif di Gor Sanggeng Manokwari, Rabu (17/8/2022)''

Manokwari, arfaknews -  Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat menggelar Pameran Tanaman Hias dan hasil produk pemuda Kreatif di Manokwari Papua Barat, yang digelar di Halaman GOR Sanggeng Manokwari.

Berbagai produk Pemuda Kreatif yang di pamerkan baik gelang, Noken hingga arang briket, serta hasil produk minyak kelapa dan pengrajin ornamen  Rumah Kaki Seribu. Disampaikan itu, mereka menampilkan berbagai tanaman hias yang dipamerkan mulai dari jenis Puring, bonsai hingga jenis - jenis bunga talas dan variannya serta anggrek dan berbagai jenis tanaman hias lainnnya.

Luky Leatemia, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat mengatakan Kepala Dinas dan jajaran memberikan apresiasi kepada 24 Stand yang telah mengikuti Pameran Tanaman Hias dan Produk Pemuda Kreatif yang digelar selama 5 hari sejak tanggal 13 hingga 17 Agustus 2022 di Halaman GOR Sanggeng dalam m rangka HUT RI ke 77 di Manokwari.

Dinas Pemuda  dan Olahraga memberikan apresiasi kepada peserta Pameran baik dari Kategori Pemuda Kreatif maupun pengrajin Tanaman Hias. Berdasarkan hasil penilaian dari masyarakat yang telah mengunjungi stand - stand, dengan mengisi form yang telah disediakan panitia maka stand yang memiliki kunjungan terbanyak yang mendapat hadiah sebagai stand terbaik pertama, terbaik kedua dan terbaik ketiga.

Dinas memberikan hadiah kepada stand, baik kategori  Tanaman Hias dan Kategori Pemuda Kreatif. Juara terbaik pertama hadiah berupa uang pembinaan sebesar senilai Rp.3.000.000, dan stand terbaik kedua diberikan uang pembinaan Rp. 2.000.000,- serta stand terbaik ke tiga diberikan hadiah sebesar Rp. 1.000.000 rupiah.

"Kalau kami lihat dari stand Pemuda Kreatif, banyak respon masyarakat kepada Stand Arang Briket. Banyak pengunjung dan banyak juga produk mereka yang telah laku terjual,"ungkapnya.

Di samping itu, Dinas Pemuda dan olahraga juga memberikan ucapan terima kasih kepada semua stand yang turut serta mengambil bagian dalam Pameran Tanaman Hias dan Pemda Kreatif di Gor Sanggeng Manokwari.

"Kami berikan bantuan pembinaan kepada semua stand, sebagai bentuk ucapan terima kasih. Masing - masing stand senilai Rp.1.000.000 rupiah"ujarnya 

Lebih lanjut, Luky memaparkan hasil pertemuan dengan stand, mereka minta agar setiap tahun dilaksanakan agar produk - produk mereka, baik tanaman hias maupun inovasi pemuda kreatif bisa di pamerkan.

"Puji Tuhan dan terima kasih, kami juga telah membangun kordinasi dan komunikasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat. Tadi saya ketemu Bapak Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat. Beliau minta kami untuk mendata UMKM,  baik pengrajin tanama Hias dan Pemuda Kreatif sehingga Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat memberikan Bantuan.


Kami juga akan membangun komunikasi dan Kordinasi dengan dinas teknis lainnya, baik Perindag, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung agar mereka juga bisa melihat komunitas UMKM dan Pemuda Kreatif ini,"tandasnya.

Luky menambahkan mereka yang mengikuti pameran pemuda kreatif adalah kelompok pemuda dan komunitas Tananam Hias yang telah dibina selama kurang lebih 2 tahun di Manokwari.

Kurang lebih  sebanyak 35 kelompok pemuda kreatif dan Komunitas tanaman Hias yang telah kita bina  Manokwari, dan dalam tahun ini, kita baru pamerkan hasil produk mereka.  Dalam pembinaan selama dua tahun ini, terus mengawasi dan memberikan dukungan peralatan, serta pelatihan kepada para pengrajin untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Dan pada momen 17 ini, kami sebanyak 24 stand yang kita hadirkan memamerkan hasil produk mereka, dengan tujuan memberikan rangsangan kepada pemuda dan masyarakat bahwa inovasi dan kreativitas tanaman hias bisa memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

"Jangan pemuda beranggapan bahwa harus jadi PNS atau pegawai saja, tetapi dengan usaha seperti ini juga bisa menghasilkan uang,"tuturnya.

Senada, Mena Keymans, Kepala Seksi Wirausaha Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua barat mengatakan saat ini kelompok yang dibina, secara khusus pengrajin Tanaman Hias masih membudidayakan jenis tanaman bunga umum yang tumbuh di semua tempat.

"Kita belum kembangkan jenis tanaman endemik, kita masih  kembangkan jenis  bunga, yang dibudidayakan untuk menghiasi taman kota atau halaman rumah," ujarnya.

Dia menambahkan kelompok yang dibina ini belum terdata di Dinas UMKM dan Koperasi serta Perindag, karana itu dia berharap melalui pameran ini, ada perhatian dari Dinas teknis lainnya untuk mengembangkan potensi mereka.


Yohan Rumaropen, Kabid Pemberdayaan Pemuda inti dari dilakukan pembinaan hingga pameran seperti ini agar para pengrajin baik komunikasi, individu maupun UMKM bisa lebih mengembangkan kreatifitas mereka di masyarakat.

"Jika masyarakat tertarik maka hasil produk tanaman hias akan laris di pasaran. Pameran ini, kata dia sebagai upaya untuk memamerkan sekaligus mensugesti  masyarakat dengan berbagai produk yang ditampilkan. Kami harap pameran ini, masyarakat tertarik dan membeli produk mereka"harapnya.

Kami harap dukungan dari semua pihak baik Dinas Pemuda Perindag, Dinas Koperasi dan UMKM untuk memberikan rangsangan kepada para pengrajin dan komunitas ini untuk terus berkembang,"pintanya.

Turut hadir juga stand Pertukaran Pemuda Antar Provinsi dan Antar Negara serta pemuda pelopor yang dilibatkan untuk sosialisasi serta edukasi masyarakat terkait jiwa entrepreneur dan kreativitas pemuda dalam mengisi pembangunan.

Menutup rangkaian Pameran, Dinas Pemuda dan Olahraga memberikan kupon berhadiah kepada masyarakat dan para pengunjung yang telah menghadiri Pameran Tanaman Hias dan Pemuda Kreatif di Halaman GOR Sanggeng Papua Barat.


Berita Terkait