PJ Gubernur Waterpauw Tinjau Kesiapan Upacara HUT Kemerdekaan RI Di Stadion Sanggeng Manokwari

Oleh Redaksi

16 August 2022 12:09 345 VIew

''PJ Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw saat berkordinasi dengan Plt. Kepala Dinas PUPR, Yohanis Momot, ST.,MT., saat tinjau Kesiapan Upacara Peringatan Proklamasi 17 Agustus 2022 di Stadion Sanggeng Manokwari, Senin (15/8/2022)''

Manokwari, arfaknews - PJ Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw mengecek kesiapan pelaksanaan upacara Peringatan  Proklamasi RI 17 Agustus 2022 di Stadion Sanggeng Manokwari, Senin Sore (15/8/2022).

Pantauan media ini, Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw meninjau kesiapan lokasi lapangan stadion Sanggeng Manokwari.

"Rabu 17 Agustus kita gelar upacara di Stadion Sanggeng Manokwari. Yang ikut upacara terdiri dari unsur forkompinda, OPD,  TNI/ Polri dan unsur masyarakat,"kata Paulus kepada wartawan di Manokwari, usai tinjau kesiapan panitia HUT RI ke 77.

Penjabat Gubernur mengatakan upacara 17 Agustus digelar sebagai bentuk peringatan detik - detik proklamasi dan sekaligus mengenang jasa pahlawan terdahulu yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah kala itu.

" Momen 17 Agustus kita gelar upacara pengibaran bendera merah putih, sebagai wujud nyata menghargai para pahlawan telah berjuang merebut kemerdekaan saat itu,"ujarnya.

Selanjutnya, Waterpauww mengecek kesiapan dari Pasukan Paskibraka yang akan mengibarkan  Bendera  Merah Putih pada Perayaan HUT RI ke 77 tahun 2022 di Manokwari.

"Saya cek adik - adik Paskibra dan anggota TNI/ polri. Tadi saya berikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam menjalankan tugas dalam upacara 17 Agustus,"tuturnya

Sebagai Penjabat Gubernur, Ia akan bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) detik detik proklamasi. Sedangkan Sekretaris Daerah akan memimpin Upacara  Penurunan Bendera pada sore hari.

Sementara,  Pak Pangdam, Kapolda dan Kejati, masing - masing akan menjalankan  tugas sesuai  dengan perannya. Itu bagian kita maknai bersama,"jelasnya.

Lebih lanjut, Waterpauw mengungkap persiapan sarana prasaran stadion Sanggeng dalam mendukung pelaksanaan Upacara HUT RI di Manokwari.

Fasilitas stadion  sudah cukup baik, hanya toilet yang harus diperbaiki. Toilet belum selesai, satu atau dua hari ini akan diperbaiki cepat, selesaikan  awal dulu karena tamu yang ikut upacara akan menggunakan fasilitas tersebut,"pungkasnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Provisi Papua Barat gelontorkan anggaran senilai 1 Milyar untuk renovasi dan perbaikan Stadion Sanggeng sebagai tempat Upacara Peringatan Proklamasi 17 Agustus 2022.

Plt. Kepala Dinas PU Papua Barat Yohanis Momot mengatakan Anggaran tersebut diperuntuhkan untuk memperbaiki sejumlah fasilitas baik tribun, pengecatan, lampu hingga pembersihan dan renovasi kamar mandi.

Pekerjaan tersebut sudah selesai 100 persen, lapangan Stadion Sanggeng siap dipergunakan sebagai tempat upacara Bendera 17 Agustus 2022


Berita Terkait