117 Siswa SD Ikut Seleksi Polisi Cilik, Kasat Lantas : Anak Usia Dini Jadi Pelopor Tertib Berlalulintas

Oleh Redaksi

15 August 2022 12:09 263 VIew

''Seleksi Polisi Cilik di Polres Manokwari ''

Manokwari, arfaknews - Polres Manokwari melalui Sat Lantas menggelar seleksi polisi Cilik ( Pocil) yang diikuti oleh 15 Sekolah Dasar (SD) di Manokwari Papua Barat.

Sebanyak 117 siswa terdiri dari 53 putra dan  58 putri yang mengikuti seleksi di Polres Manokwari pada Jumaat 12 Agustus 2022. Para peserta diajarkan Pelatihan Dasar Baris Berbaris (PBB) seperti sikap siap, istirahat ditempat, hadap kanan dan hadap kiri. Proses seleksi dilanjutkan pada hari Sabtu 13 Agustus 2022 atas pemilihan peserta yang dianggap  baik dan bagus dalam  melakukan PBB dasar yang diperintahkan. 

Proses seleksi akhir dilakukan pada hari Minggu 14 Agustus 2022 sekaligus mengumumkan peserta yang lolos. Sebanyak 36 peserta, terdiri dari 18 putra dan 18 putri yang dinyatakan lolos dan akan dilatih untuk menjadi Polisi cilik pada tanggal 15 Agustus 2022 hingga 22 September 2022.

Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Subhan Ohoimas mengatakan pembentukan polisi cilik Polres Manokwari adalah inisiasi dari Kapolres Manokwari dalam membentuk karakter penerus bangsa.

Ade - Ade ini akan dilatih gerakan pengaturan berlalulintas, mereka juga akan diedukasi terkait disiplin berlalulintas dan ditambah dengan seni pelatihan dasar baris berbaris (PBB) yang akan dilatih dan dilakukan road show di beberapa sekolah dan instansi - instansi pemerintah, dengan harapan mereka memberikan dampak positif terhadap anak - anak usia dini.

Tak hanya itu, mereka juga akan tampil dalam beberapa Iven - iven lainnya kami untuk mengajak masyarakat tertib berlalulintas. Jika anak usia dini saja sudah bisa tertib, kenapa yang dewasa tidak bisa.

"Diharapkan mereka (Peserta Pocil -red) ke depan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Targetnya kita harapkan pembentukan budaya tertib berlalulintas tertanam karakter anak - anak usia dini,"harapnya.

"Anak - anak ini akan diberikan penghargaan atau reward dalam bentuk sertifikat oleh Bapak Kapolres Manokwari. Mudah - mudahan sertifikat ini bisa dipergunakan suatu saat ketika mereka dewasa. Dan ada penghargaan lainnya juga yang diberikan kepada adik - adik yang telah berlatih selama 3 minggu menjadi polisi cilik,"cetusnya.

Selanjutnya, Kasat Lantas Polres Manokwari ini menghimbau orang tua siswa untuk bersama - sama miliki tanggung jawab menyiapkan generasi bangsa yang tertib berlalulintas.

Pembentukan Polisi Cilik Polres Manokwari adalah bagian dari upaya  pembentukan Karakter generasi anak bangsa dalam hal menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sehingga menekan potensi kecelakaan lalu lintas yang merenggut  anak bangsa.

Pelopor keselamatan berlalu  lintas harus di mulai sejak anak usia dini dengan menjadikan polisi kecil sebagai contoh positif dalam mengkampanyekan gerakan  tertib lalu lintas di Wilayah Hukum Polres Manokwari.

Karena itu, kami harapkan dukungan orang tua, guru dan pemerintah termasuk aparat penegak hukum untuk miliki kewajiban bersama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang tertib berlalulintas.


Berita Terkait