Rasia Malam Minggu, Polisi Tilang 87 Kendaraan Knalpot Racing Di Wosi Manokwari

Oleh Redaksi

14 August 2022 20:09 235 VIew

''Sat Lantas Polres Manokwari saat mengamankan Sejumlah Kendaraan Knalpot Racing di Wosi Manokwari, Sabtu (13/8/2022)''

Manokwari, arfaknews -  Sebanyak 87 kendaraan Roda Dua yang dijaring Polres Manokwari saat lakukan rasia pada Sabtu Malam, 13 Agustus  2022 di Jalan Trikora Wosi Manokwari.

87 kendaraan ini terindikasi menggunakan Knalpot Racing sehingga diamankan oleh Sat Lantas Polres Manokwari untuk selanjutnya ditilang atas pelanggaran penggunaan knalpot Racing.

Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Subhan Ohoimas mengatakan Rasia tersebut atas perintah Kapolres Manokwari untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap aktivitas balapan liar yang meresahkan penggunaan jalan pada setiap malam minggu terutama masyarakat yang berada di area Wosi.

"Penindakan ini karena pengaduan dari masyarakat atas maraknya  aktivitas balapan yang sering terjadi di area Wosi Manokwari, sehingga Bapak Kapolres perintahkan kami untuk mencegah dan memberikan penindakan hukum,"kata Shuban, kepada Wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Shuban menyebut aparat telah melakukan pemantauan selama beberapa minggu sekaligus sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan knalpot racing, sehingga malam ini dilakukan penindakan.

Kita sudah pantau dan tandai kendaraan pengguna Knalpot racing yang suka membuat kebisingan di setiap malam minggu, sehingga hari ini kami turun lakukan penindakan. Lebih baik mencegah aktivitas balapan liar agar tidak berpotensi kecelakaan dan mengganggu masyarakat,"ujarnya.

Dari hasil penindakan tersebut sebanyak 87 Sepeda motor yang terindikasi menggunakan knalpot racing sehingga diamankan oleh petugas di lapangan, dan akan diterbitkan surat tilang kepada mereka.

Pemberian surat tilang dengan harapan setiap pengendara ini tidak menggunakan knalpot racing, sehingga tidak menimbulkan kebisingan yang menggangu aktivitas masyarakat,"harapnya.

"Surat tilang akan Kita berikan agar dia (Pengendara) wajib melengkapi kendaraannya. Untuk efek jera, kami akan memastikan waktu sidang yang akan kita sesuaikan,"cetus Kasat Kasat Lantas Polres Manokwari ini.

Subhan menambahkan pihaknya akan rutin rasia  guna mencegah potensi kecelakaan dan atau mencegah terjadinya aksi kejahatannya lainnya.

Kasat lantas Polres Manokwari ini  juga menghimbau kepada masyarakat untuk menegur anak - anak mereka yang terlibat dalam aktivitas balapan liar sehingga tidak berpotensi kecelakaan di jalan raya.

Kami harapkan pencegahan aktivitas balapan liar di jalan raya bukan saja tanggung jawab kepolisian semata tetapi tanggung jawab masyarakat juga untuk memastikan anak - anak mereka tidak terlibat balapan liar atau berkeliaran di jalan raya di atas jam - jam tengah malam.

Aparat juga mengharapkan masyarakat mencegah anak - anaknya untuk tidak mengotak atik kendaraan dengan memasang knalpot racing.

"Orang tua adalah filter awal mencegah anak - anaknya terlibat aksi - aksi balapan liar sebab anak - anak adalah masa depan dan aset bangsa yang harus kita lindungi dengan memastikan nyawanya mereka terselamatkan saat berkendara" tuturnya

Penindakan ini adalah langkah terakhir yang kita ambil sebagai upaya dari kecintaan kami kepada masyarakat Manokwari agar terhindar dari kecelakaan,"tukasnya

 


Berita Terkait