Pasar Wosi Manokwari Terbakar Hanguskan Ratusan Lapak Pedagang

Oleh redaksi

09 May 2022 06:07 3057 VIew

''suasana kebakaran terjadi di Pasar Wosi Manokwari''

Manokwari arfaknews - Pasar Wosi Manokwari terletak di Jalan Pasir, Senin (09/05/2022) sekitar pukul 03.15 Wit terbakar, hingga menghanguskan ratusan bangunan dan lapak jualan pedagang di dalamnya.

kobaran api diduga berasal dari salah satu lapak jualan milik pedagang berada di tengah pasar, sehingga api begitu cepat menjalar dan membakar sejumlah bangunan yang ada di dekatnya.

Sejumlah warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun material bangunan yang terbakar terbuat dari bahan yang mudah terbakar ditambah barang jualan pedagang terbuat dari bahan mudah terbakar, sehingga menyulitkan warga memadakan kobaran api yang sudah begitu cepat membesar.

Dua mobil Water Canon milik Polda Papua Barat dan Polres Manokwari, dibantu puluhan mobil tangki air bersih dikerahkan guna memadakan kobaran api, namun tidak mampu berbuat banyak memadamkan api yang sudah melahap seluruh isi bangunan dan lapak jualan para pedagang.

Kurangnya sumber air di lokasi kebakaran, diduga penyebab sulitnya warga dan aparat kepolisian bersama anggota  TNI AD dari Kodim 1801 Manokwari, memadamkan kobaran api yang menjalar ke seluruh bangunan pasar.

Kabag Ops Polres Manokwari, Kompol Junaidy A Weken, saat ditemui, mengungkapkan kebakaran terjadi di Pasar Wosi Manokwari terjadi sekitar pukul 03.15 Wit, namun hingga pukul 07.00 Wit, api belum dapat dipadamkan namun sudah mulai berangsur padam, dimana aparat kepolisian dari Polres Manokwari dibantu Brimob dan anggota Sabhara Polda Papua Barat serta TNI AD dari Kodim 1801 maupun warga sekitar pasar, mencoba memadamkan kobaran api agar tidak menjalar ke sejumlah bangunan lainnya, dimana dugaan sementara kobaran api berasal dari tengah pasar  hingga menjalar ke seluruh bangunan yang ada di dekatnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun diduga kebakaran terjadi akibat korsleting lestrik, guna memastikan kebakaran terjadi, aparat Reskrim Polres Manokwari akan melakukan olah TKP sambil menunggu proses pendinginan dilakukan.

Diperkirakan ada sekitar ratusan lapak jualan dan bangunan yang berada di dalam Pasar Wosi ludes terbakar, namun belum diketahui secara pasti pula adanya korban luka maupun korban jiwa dalam kebakaran ini, semntara kerugian dialami para pedagang pasar wosi ditaksir mencapai milyaran rupiah.


Berita Terkait