Dinas Pendidikan dan Unicef Dorong Peningkatkan Upah Guru Honor di Pedalaman

Oleh James Aisoki

04 May 2018 20:09 2246 VIew

'' Kepala Dinas Pendidikan Manokwari, Barnabas Dowansiba. Foto : James Aisoki''

Manokwari, arfaknews.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari, bekerja sama dengan Unicef, mendorong Perbup tentang Zona pendidikan yang dibagi menjadi tiga bagian, Zona Pedalaman, Zona Pinggiran Dan Zona Kota.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Manokwari, Barnabas Dowansiba, Peraturan Bupati terkait zona pendidikan juga untuk menghitung Unit Cost (biaya per unit zona pendidikan), agar tidak lagi repot ke dinas untuk menerima gaji dan mengurus hal lainnya.

“Mereka mau biaya guru honor atau guru kontrak, semua sudah terhitung dalam Unit Cost tersebut. Dan, akan dikirim per triwulan dari dinas kepada Sekolah-sekolah tersebut,” ujar Barnabas, Jumat (4/5), kepada arfaknews.com.

Soal operasional, sekolah yang berada di zona kota, pinggiran dan pedalaman, tentu berbeda. Dimana, alokasi sekolah di pedalaman sedikit lebih banyak dari sekolah di daereah pinggiran dan kota.

“Yang dipedalaman pasti biayanya agak sedikit meningkat untuk membiayai guru honorer. Kita beri perhatian ke sekolah pedalaman, agar meningkatkan kinerja pendidikan disana,” bebernya.
 


Berita Terkait