Speed 'Inov' Hadir, Pengamanan Laut Manokwari Diperketat

Oleh Charles Maniani

29 April 2018 00:11 1043 VIew

''Polres Manokwari Resmikan Speed Boat Sea Raider 'Inov', Bantuan dari Dinas Perhubungan provinsi Papua Barat. Foto : Cahrles Maniani, arfaknews.com''

Manokwari, Arfaknews.com – Polres Manokwari resmi menerima bantuan speed boat sea raider ‘Inov’ dari Dinas Perhubungan provinsi Papua Barat. Kata ‘Inov’ sendiri diambil dari bahasa Byak yang artinya Ikan Berbisa.

Wakapolres, Kompol Mapparenta, S.Sos, mengatakan, kehadiran searaider Inov akan digunakan satuan Pol Air Polres Manokwari, untuk membantu pengamanan perairan di laut.

“Kecepatan speed ini dapat membantu tugas menjaga perairan Manokwari dari berbagai macam penyeludupan atau tindak kejahatan di perairan,” ujarnya, Sabtu (28/4).

Menurutnya, selama ini banyak oknum tidak bertanggung jawab menyeludupkan berbagai macam barang melalui laut, diantaranya minuman keras, narkoba.

“Mereka biasanya menggunakan ‘jalan tikus’, terutama untuk pelabuhan pendaratan penyeludupan miras dan narkoba,” paparnya.

Selain itu, speed ini juga bisa berguna untuk menghalau nelayan asing serta mengamankan laut Manokwari dari oknum nelayan yang menggunakan bahan peledak untuk mencari ikan.

“Wilayah perairan hukum Polres Manokwari itu gampang-gampang susah. Untuk patroli harus punya kapal cepat,” paparnya.

Meski demikian, dukungan masyarakat juga dibutuhkan untuk menjaga ketertiban di laut, selain berkoordinasi dengan TNI AL Manokwari.

Kehadiran speed ini juga nanti bisa dimanfaatkan untuk membantu Basarnas, jiwa sewaktu-waktu terjadi bencana di sekitar perairan laut Manokwari.

 


Berita Terkait